Ini 4 Universitas Jurnalistik Terbaik di Belanda

oleh

weradio.co.id – Belanda terkenal memiliki banyak universitas berkualitas yang menjadi sasaran para pelajar, baik dalam maupun luar negeri untuk melanjutkan studi. Bahkan, Belanda juga memiliki empat universitas jurusan jurnalistik untuk jenjang s2, berikut pilihannya :

1. University of Amsterdam
Universitas ini memiliki peringkat ke-58 versi Times. Gelar yang ditawarkan pada jurusan ini adalah Master of Arts (MA) in Journalism, Media and Globalisation (Erasmus Mundus Master’s-Joint Degree) dengan waktu studi dua tahun. Jurusan ini hanya diperkenankan bagi wartawan atau kalangan profesional yang sudah berpengalaman dan ingin mengembangkan kemampuan komunikasi dengan cara dan nuansa kontemporer tentang isu globalisasi. Selain itu, khusus pelajar internasional harus punya skor minimal IELTS 7,0.

2. University of Groningen
Gelar yang ditawarkan untuk para lulusan jurusan ini adalah MA in Journalism (English Taught). Dibutuhkan waktu 18 bulan untuk menyelesaikan masa studi. Program ini menawarkan mahasiswanya untuk memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi jurnalis modern sukses. Pendaftar harus memiliki skor IELTS minimal 7,0 dengan TOEFL 620 (berbasis kertas) atau TOEFL 105 (berbasis internet). Beberapa pendaftar juga akan diminta untuk melakukan tes wawancara selama 20 menit melalui Skype maupun telepon.

3. Tilburg University
Jurusan ini fokus mengeksplorasi data jurnalistik, yakni mengombinasikan metode sains dengan nilai dari jurnalistik. Adapun gelar yang ditawarkan adalah Master of Arts (MA) in Communication and Information Sciences (CIS)-Spelization in Data Journalism. Masa studi pada jurusan ini adalah satu tahun. Bagi mahasiswa internasional, syarat masuk jurusan ini adalah memiliki gelar sarjana pada bidang komunikasi umum, linguistik, ataupun bahasa modern.

4. Hanze University Groningen University of Applied Sciences
Universitas ini menjalin kerjasama dengan beberapa media sehingga mahasiswanya akan banyak menjalani praktik selama menempuh studi. Adapun masa studinya adalah satu semester atau enam bulan. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pendaftar yaitu menyelesaikan minimal satu tahun pendidikan universitas atau memiliki pengalaman profesional. Selain itu, pendaftar harus memiliki skor IELTS minimal 6,0 atau TOEFL 550.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!