Menteri Amran: Harga Bawang Putih Turun

oleh
foto : beritadaerah.co.id

weradio.co.id – Harga bawang putih mulai berangsur-angsur turun setelah mengalami kenaikan signifikan hingga menembus Rp 50 ribu per kilogram. Hal ini juga disampaikan oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

“Sekarang sudah turun tuh menjadi Rp 23 ribu,” kata Amran selepas rapat koordinasi bersama bupati-bupati kawasan perbatasan Indonesia di Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Menurut Amran, turunnya harga bawang putih tidak terlepas dari adanya pengusaha yang menawarkan harga sebesar Rp 23 ribu. “600 hingga 1000 ton ditawarkan oleh Pak Gianto seorang pengusaha dari Surabaya,” ujar dia.

Amran berujar telah menggelar pertemuan bersama Kementerian Perdagangan kemarin. Dalam pertemuan itu diambil kesepakatan bahwa harga bawang putih tidak boleh berada di atas Rp 30 ribu.

Amran menilai tidak masuk akal apabila harga bawang putih bergejolak. Sebab, bawang putih adalah komoditas yang mayoritasnya diimpor dari luar negeri.

“Cabai, jagung, beras, saja harganya aman. Masa bawang putih yang kebutuhannya kecil dan diperoleh dari impor pula haeganya bergejolak, enggak boleh dong,” kata Amran.

Untuk memastikan harga bawang putih tetap terkendali, Amran juga sudah menghubungi Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian dan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto. “Agar kalau ada yang main-main, segera ditindak. Jangan ganggu orang yang mau beribadah pada bulan Ramadhan,” ujar dia.

Sumber : Tempo

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!