Pemeriksaan Koper Kloter 7, Petugas Sita 45 slop Rokok

oleh
Barang sitaan dari calon jamaah haji embarkasi Surabaya (Foto: Khabib Marzuki)

weradio.co.id – Pemeriksaan X-ray koper jamaah calon haji (JCH) kloter 7 menyisihkan 9 koper untuk diperiksa lebih lanjut. Dengan disaksikan si pemilik koper, petugas dari bea cukai membuka satu persatu koper-koper tersebut dan menemukan beberapa slop rokok.

Berbagai upaya dilakukan si pemilik koper untuk menutupi rokok yang dibawanya. Surami JC asal Jember ini menyembunyikan rokok dengan dibungkus kain ihrom yang dibawanya.

Sementara Selamet Riyadi juga JCH asal jember membungkus rapi 10 slop rokok yang dibawanya dengan lakban warna coklat

Ketika ditanya alasan membawa rokok dalam jumlah besar, Slamet menjawab dengan klasik barang tersebut merupakan titipan orang untuk diberikan pada saudaranya yang bermukim di Mekkah.

“Kalau saya membawa rokok untuk suami,” terang Surami Rabu malam (18/7)

Sementara itu Kasi Informasi Bidang Haji Kemenag Jatim Sutarno mengatakan, sudah ada aturan terkait barang bawaan CJH yang diperkenankan dibawa dan tidak. Tapi kenyataannya masih ada CJH yang nekat membawa seperti rokok dan minyak goreng.

“Petugas terpaksa menahan barang bawaan CJH. Nanti dikembalikan ke petugas daerah. Saat nanti pulang ke tanah air, jamaah yang merasa barang bawaannya ditahan petugas, dapat mengambilnya kembali di daerah masing-masing, “ungkap Sutarno kepada reporter Weradio Kamis(19/7).

Calon jamaah haji embarkasi Surabaya dari tanggal 16 sampai 18 Juli sudah diberangkatkan sebanyak 6 kloter. Untuk hari ini Kamis (19/7), ada 7 kloter siap diberangkatkan. Adapun jumlah CJH 2018 embarkasi Surabaya sekitar 37.055 orang, dari seluruh kab/kota di Jatim plus NTT dan Bali. (bib/bee)

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!