UMKM Jatim Tidak Terimbas Pelemahan Rupiah

oleh
Gubernur Soekarwo dan Ibu Nina Soekarwo membatik di pameran koperasi dan UMKM Expo 2018

weradio.co.id – Sektor UMKM Jawa Timur tidak terimbas pelemahan nilai tukar Rupiah yang sudah mencapai angka 14.600 terhadap dolar Amerika. Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, tidak terimbasnya sektor UMKM karena bahan baku untuk produksi semuanya dihasilkan dari dalam provinsi Jatim dan tidak tergantung produk impor. Sementara bahan baku yang tidak terkena krisis global adalah sektor agro. Demikian diungkapkan Soekarwo seusai membuka pameran Koperasi & UMKM Expo 2018 yang dilaksanakan pada 15-19 Agustus 2018 di Grand City Convex Surabaya. Bahkan Soekarwo juga mengatakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ini memberikan kontribusi terhadap PDRB Jawa Timur sebesar Rp 1.161 T atau 57,52 persen pada tahun 2017 lalu.

Soekarwo juga menambahkan secara umum perkembangan pertumbuhan ekonomi inklusi Jawa Timur sangat baik, mencapai 5,57 persen pada 2017. Dengan pertumbuhan sebesar itu turut mengurangi angka pengangguran di Jawa Timur.
Tercatat pada 2010 angka pengangguran sekitar 18 persen turun menjadi 10,98 persen pada Maret 2018. Sektor UMKM pun menurut Soekarwo berkontribusi mengurangi angka pengangguran di Jatim.

Peningkatan kualitas pengelolaan Koperasi dan UMKM di Jawa Timur

Dalam memperingati Hari Koperasi ke-71, tahun ini tema yang diangkat pada koperasi dan UMKM Expo 2018 menekankan pada peran generasi muda, koperasi dan UMKM menghadapi fenomena ekonomi milenial menuju revolusi industri 4.0. Diharapkan pada tahun ini koperasi dan UMKM dapat menggerakkan seluruh generasi khususnya anak-anak muda agar lebih kreatif dan inovatif untuk dapat menghasilkan ide terbaru, produk-produk terbaru yang mampu bersaing pada era modern saat ini.

Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, S.H. M.Hum menyebutkan dengan semakin berkembangnya perdagangan online, maka pelaku usaha koperasi dan UMKM juga harus memanfaatkan peluang ini.
Kedepan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan mengembangkan wadah e-commerce untuk memfasilitasi pemasaran online koperasi dan UMKM Jawa Timur agar tidak kalah dalam persaingan bisnis.

Pada pameran kali ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Koperasi & UMKM Jawa Timur telah mengikut sertakan binaannya yang mendisplay Produk Unggulan dan Kualitas Export dari 38 Kabupaten / Kota di Jawa Timur dan beberapa Produk Unggulan Creative Trading House (CTH) yang meliputi : Fashion seperti Batik, Tenun, Songket, Sutra, Kulit dan Bordi, selain itu ada pula kriya seperti handy Craft, souvernir, aksesoris dan aneka olahan Makanan dan Minuman, Herbal, Produk Kulit, Agro & Food, Furniture, Beauty & Cosmetic dan jasa-jasa Perbankan dan BUMN. (bee)

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!