Food 5 Fakta Unik Tres Leches, Kue Khas Meksiko yang Lembutnya Nagih

oleh

5 Fakta Unik Tres Leches, Kue Khas Meksiko yang Lembutnya Nagih. Dessertnya Kai di grand final Masterchef Indonesia season 5

Tres leches merupakan salah satu kue khas Meksiko yang menjadi favorit masyarakatnya. Kue ini tergolong sebagai butter cake dengan ciri tekstur yang lembut dan moist. Rasanya juga lezat, membuatnya kian digemari oleh para pecinta dessert.

Ada sejumlah fakta unik dan menarik dari tres leches yang mungkin belum kamu ketahui. Penasaran? Simak infonya!

1. Namanya terinspirasi dari proses pembuatan

5 Fakta Unik Tres Leches, Kue Khas Meksiko yang Lembutnya Nagih

Penamaan tres leches diambil dari bahasa Spanyol ‘tres’ yang artinya tiga. Angka tersebut menunjukan jumlah dari susu yang terlibat dalam pembuatannya. Susu yang digunakan adalah susu evaporasi, susu kental manis, dan full cream.

Karena campuran ketiga bahan tersebut, tres leches memiliki tekstur yang lembut tapi lembap, berbeda dengan cake lainnya yang cenderung lembut namun ringan.

2. Punya nama lain

5 Fakta Unik Tres Leches, Kue Khas Meksiko yang Lembutnya Nagih

Tres leches dibuat dengan merendam cake dalam tiga jenis susu. Gak salah kalau sebagian masyarakat mengenalnya dengan milk bath cake atau three milk cake.

Bahkan di Indonesia juga sudah ada beberapa usaha makanan online yang menawarkan menu tersebut. Jadi buat yang penasaran dengan kue ini, kamu bisa googling dengan kata kunci ‘milk bath cake’. Sebab di Indonesia, masyarakat lebih familiar dengan nama tersebut.

3. Sudah dikenal sejak tahun 1930

5 Fakta Unik Tres Leches, Kue Khas Meksiko yang Lembutnya Nagih

Dilansir dari locogringo.com, pada abad ke-19 ada sebuah resep cake dari Eropa yang direndam menggunakan wine, keju, gula, dan heavy cream. Tidak begitu jelas mengapa harus direndam dalam bahan-bahan tersebut. Namun keberadaannya sangat populer hingga mendapat antusias yang tinggi oleh masyarakat Meksiko.

Kemudian, pada tahun 1930-an sebuah perusahaan susu terkemuka ‘Nestle’ membuka pabrik di Meksiko. Dari situlah, tercetus ide untuk merendam cake dengan menggunakan tiga jenis susu. Hasilnya sangat menakjubkan, kue menjadi lebih lezat dari sebelumnya. Sejak saat itu, tres leches mulai dikenal dengan kue yang direndam dalam tiga susu.

4.Umumnya disajikan dengan topping buah-buahan segar

5 Fakta Unik Tres Leches, Kue Khas Meksiko yang Lembutnya Nagih

Ada dua lapisan topping yang digunakan. Lapisan pertama yaitu whipped cream dan yang kedua adalah buah. Walau ada juga yang menggunakan chocolate atau keju sebagai topping kedua, namun yang umum digunakan adalah potongan buah, baik yang segar maupun dalam kaleng.

Alasannya simpel, mengingat bahan pembuatannya yang didominasi oleh susu, maka lebih segar jika dipadukan dengan buah-buahan.

5. Proses perendamannya butuh waktu 4 jam hingga semalaman

5 Fakta Unik Tres Leches, Kue Khas Meksiko yang Lembutnya Nagih

Dalam proses pembuatannya, butter cake yang sudah matang akan direndam dalam campuran susu. Rata-rata, cake yang telah dituangi susu akan disimpan dalam lemari es dalam kurun waktu 4-12 jam lamanya. Tujuannya agar campuran susu meresap dengan sempurna.

Nah, itu dia fakta unik dan menarik dari tres leches alias milk bath cake yang lembutnya bikin ketagihan. By the way, kamu sudah pernah coba belum?

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!