Life Banyak Bedanya, 5 Alasan Tidak Menggunakan Sabun Mandi untuk Cuci Muka

oleh

Banyak Bedanya, 5 Alasan Tidak Menggunakan Sabun Mandi untuk Cuci Muka. Jangan, ya!

Dewasa ini, ada banyak sekali merek sabun cuci muka (facial wash) yang beredar di pasaran. Fungsinya juga beragam, tidak sekadar untuk membersihkan.Misalnya, ada yang mengatasi jerawat sampai mencerahkan.

Seharusnya, hal di atas jadi sinyal agar kita tidak sekali-kali menggunakan sabun mandi juga untuk wajah. Ini lima alasan tidak menggunakan sabun mandi untuk cuci muka.

1. Kadar pH pada sabun mandi sangat tinggi dibandingkan pH pada kulit wajah

Banyak Bedanya, 5 Alasan Tidak Menggunakan Sabun Mandi untuk Cuci Muka

pH kulit wajah manusia yang baik adalah yang bersifat masam. Rata-rata pH kulit orang dewasa yang baik adalah antara 4,2-5,6. Sementara rata-rata sabun mandi punya pH 9-10 atau bersifat basa. Tingginya pH pada sabun mandi tersebut dapat membuat kulit jadi rentan kering.

2. Kandungan pelembap pada sabun mandi dapat membuat wajah jadi berminyak sebab tubuh memang butuh kelembapan yang ekstra

Banyak Bedanya, 5 Alasan Tidak Menggunakan Sabun Mandi untuk Cuci Muka

Berbeda dengan wajah, tubuh memang perlu kelembapan yang berlebih. Jika kebutuhan pelembap untuk wajah disamakan dengan kebutuhan badan, wajah otomatis akan jadi lebih berminyak. Kalau sudah berminyak, wajah juga rentan akan komedo dan jerawat.

3. Sabun mandi kurang ampuh dalam mengangkat kotoran yang terjebak dalam pori-pori wajah

Banyak Bedanya, 5 Alasan Tidak Menggunakan Sabun Mandi untuk Cuci Muka

Selain karena kandungan pelembap yang berlebih di sabun mandi, jerawat di muka juga bisa terjadi karena kurang mampu mengangkat kotoran di pori-pori wajah. Bukannya terangkat, kotoran semakin terjebak dan jerawat jadi lebih cepat tumbuh.

4. Terutama sabun batang, penempatannya pada udara terbuka akan membuatnya lebih mudah kotor dan terkontaminasi

Banyak Bedanya, 5 Alasan Tidak Menggunakan Sabun Mandi untuk Cuci Muka

Biasanya sabun batang diletakkan pada kotak atau tempat khusus di dinding, tanpa disertai dengan penutup. Hal ini bikin sabun mudah terkontaminasi debu dan bakteri yang beterbangan di udara. Bahkan, serangga dan hewan mungkin hinggap. Belum lagi, pemakaian sabun pada tubuh yang kotor sebelum ke wajah. Bagaimana mungkin wajah kita dapat terpelihara?

5. Rata-rata, bentuk sabun mandi cukup besar dan kurang ramah diaplikasikan untuk wajah serta dibawa ke mana pun

Banyak Bedanya, 5 Alasan Tidak Menggunakan Sabun Mandi untuk Cuci Muka

Bandingkan mengaplikasikan sabun wajah berbentuk krim dengan sabun mandi yang kotak! Mana yang lebih efektif menjangkau sudut-sudut wajah? Di saat bepergian pun, sabun mandi yang sudah dibuka dari kotak dan dipakai pun, terasa tidak praktis dibawa. Lebih baik sabun wajah dengan kemasan tube, bukan?

Itu dia lima alasan tidak menggunakan sabun mandi untuk cuci muka. Jangan coba-coba, ya!

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!