4 Tips Merawat Motor Injeksi, Biar Performanya Terjaga

oleh

4 Tips Merawat Motor Injeksi, Biar Performanya Terjaga. Merawat motor injeksi itu mudah kok

Jakarta – Saat ini motor-motor yang masih menggunakan karburator terus terkikis motor dengan teknologi injeksi. Lihat saja skuter-skuter matik yang hampir semuanya sudah mengusung sistem pembakaran injeksi.

Sistem injeksi dinilai lebih efisien dan lebih mudah perawatannya dibandingkan karburator. Namun itu tak berarti motor-motor injeksi tak memerlukan perawatan khusus.

Nah, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar motor injeksimu awet dan selalu dalam performa terbaik.

1. Panasi mesin setiap hari

4 Tips Merawat Motor Injeksi, Biar Performanya Terjaga

Meskipun kamu sedang tidak ingin untuk menggunakan motor, setidaknya kamu wajib menyempatkan diri untuk menyalakan mesinnya agar panas. Dengan melakukan ini, komponen-komponen di salam mesin akan bergerak dan bensin di dalamnya akan terolah sehingga tidak mengendap.

2. Jangan malas mengisi bensin

4 Tips Merawat Motor Injeksi, Biar Performanya Terjaga

Kalau mau motormu untuk selalu awet, jangan lupa untuk selalu membeli bensin apabila dirasa perlu. Jangan terlalu sering membiarkan bensin hampir habis. Hal ini dikarenakan fuel pump dalam tangki bensin harus terendam bensin.

Selain itu, kondisi bensin yang hampir habis akan membuat kotoran atau sisa endapan bensin pada tangki masuk ke bagian fuel pump dan itu akan menyebabkan kerusakan dan motor bisa tidak menyala.

3. Gunakan bensin beroktan tinggi

4 Tips Merawat Motor Injeksi, Biar Performanya Terjaga

Setiap kendaraan, baik itu motor atau pun mobil sangat disarankan menggunakan bensin dengan oktan 90 ke atas.

Bensin dengan oktan tinggi memiliki tingkat endapan yang rendah sehingga dapat menjaga umur mesin dan mencegahnya dari kotor. Berbeda dengan bensin beroktan renda yang lebih cepat mengendap dan menyebabkan kerusakan pada komponen mesin.

4. Lakukan servis berkala

4 Tips Merawat Motor Injeksi, Biar Performanya Terjaga

Sempatkanlah untuk membaca buku manual motor mu. Di sana ada panduan untuk servis berkala dalam setiap berapa ribu kilometer.

Sering-seringlah melihat ke arah kilometer motor. Setelah kilometer tempuh motor sudah sesuai dengan yang ada pada panduan, ada baiknya bila kamu segera melakukan servis ke bengkel motor, mulai dari cek ECU, aki, oli, dan beragam komponen lainnya.

Jadi, jangan lagi bermalas-malasan untuk melakukan cek pada motor agar umur mesin motor mu juga panjang.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!