10 Kata Motivasi Khusus untuk Menyemangati Orang yang Depresi

oleh

10 Kata Motivasi Khusus untuk Menyemangati Orang yang Depresi. #ANGPOIN Jangan salah berikan motivasi ya!

Memberi motivasi pada seseorang yang mengalami depresi tidak sama halnya seperti saat kita menyemangati orang normal pada umumnya. Kata-kata yang salah untuk menyemangati seseorang yang sedang depresi hanya akan menjadi bumerang dan membuat keadaan jiwanya lebih terpuruk.

Seseorang yang mengalami depresi dapat dibantu dengan memberikan dukungan dengan kata-kata positif tentang dirinya, bukan dengan membandingkan penderitaan yang dialaminya. Untuk itu, berikut disajikan beberapa kata motivasi yang bisa dijadikan rujukan untuk menyemangati seseorang atau bahkan dirimu sendiri yang tengah mengalami depresi. Selamat membaca!

1. Selalu ada harapan bahkan bagi seorang yang dilanda depresi

10 Kata Motivasi Khusus untuk Menyemangati Orang yang Depresi

“Masih ada harapan, bahkan walau otakmu memberitahumu tidak ada lagi.” – John Green

Ketika depresi, seseorang umumnya akan selalu dilanda dengan pikiran negatif yang tidak menyenangkan. Untuk itu, dukungan verbal dari seseorang akan sangat berarti terlebih untuk memberitahunya bahwa masih ada harapan sekecil apapun itu.

2. Hidup tidak akan mengalahkanmu

10 Kata Motivasi Khusus untuk Menyemangati Orang yang Depresi

“Terkadang, hidup akan membuatmu terpuruk. Namun cepat atau lambat, kamu akan sadar bahwa kamu tidak hanya akan mampu bertahan, tetapi kamu juga seorang pejuang, dan lebih kuat dari yang kamu bayangkan.”

Bahkan pernah dikatakan bahwa depresi merupakan salah satu sindrom orang-orang sukses. Dalam hal ini, kita bisa belajar dari tokoh-tokoh sukses seperti  JK. Rowling dan Winston Churchill yang mampu berjuang melawan depresi dan sukses dalam meniti karier. 

3. Aku bangga karena kamu kuat dengan semua yang kamu alami

10 Kata Motivasi Khusus untuk Menyemangati Orang yang Depresi

“Jika sampai saat ini kamu masih mampu bertahan dari apa yang kamu alami, aku bangga padamu.”

Seorang yang depresi sangat membutuhkan penguatan mental dari dalam dirinya. Untuk itu kata-kata pujian tentang dirinya akan sangat membantu untuk mengembalikan pandangan positif tentangnya.

4. Tidak ada yang mustahil, bahkan dulu kamu bisa melewatinya

10 Kata Motivasi Khusus untuk Menyemangati Orang yang Depresi

“Pada hari-hari yang sangat sulit ketika kamu merasa tidak akan mungkin bertahan, saya ingin mengingatkan bahwa selama itu pula kamu telah berhasil melewatinya.”

Tuhan tidak akan memberikan cobaan di atas kemampuan hambanya. Untuk itu, ketika merasa hal ini adalah cobaan terberat dalam hidup kita, ingatlah bahwa pasti akan selalu ada penyelesaian pada akhirnya.

Pernahkah ada satu masalah saja yang tidak bisa kamu selesaikan? Walau mungkin akhirnya tak menyenangkan, tapi kamu tetap bisa melewatinya bukan?

5. Bangunlah, ayo jalani hari ini bersama-sama!

10 Kata Motivasi Khusus untuk Menyemangati Orang yang Depresi

“Suatu hari, ketika ingin turun dari tempat tidur di pagi hari dan kamu berpikir ‘Saya tidak akan berhasil’ – tertawalah dalam hati dan ingatlah ketika di banyak masa sebelumnya dalam hidupmu berapa kali kamu mengatakan hal yang sama (dan ternyata kamu mampu melaluinya).” – Charles Bukowski 

Hampir sama seperti pada poin sebelumnya. Ketika depresi, seringkali untuk terbangun dari tempat tidur saja kita sudah merasa engan. Namun ingatlah, kedepannya ada waktu berharga yang harus kamu jalani, banyak orang yang masih setia menunggu kehadiranmu entah itu di kantor maupun di sekolah dan masih mau mendukung dan menyemangatimu.

6. Ingat, ada kekuatan tak terkalahkan dalam dirimu

10 Kata Motivasi Khusus untuk Menyemangati Orang yang Depresi

“Di tengah musim dingin aku akhirnya menemukan bahwa di dalam diriku ada musim panas yang tak terkalahkan.” – Albert Camus

Setiap terowongan yang gelap gulita pasti akan ada cahaya yang menyinari di ujungnya. Begitu pula dengan masalah yang kita hadapi pasti akan ada akhir penyelesaiannya. Asalkan kita tetap melangkah serta yakinkan diri kita bahwa kita bisa mengatasi dan melewatinya.

7. Lakukan ini dan kamu akan baik-baik saja

10 Kata Motivasi Khusus untuk Menyemangati Orang yang Depresi

“Mandi, bersihkan hari ini. Minum segelas air. Jadikan ruangan gelap, berbaring dan tutup matamu. Perhatikan kesunyian. Perhatikan hatimu. Masih berdetak. Masih berjuang. Lagipula kamu berhasil. Kamu masih bisa membuatnya lain hari. Dan Kamu dapat membuatnya sekali lagi. Kamu akan baik-baik saja.” – Charlotte Eriksson

Selain memberi dukungan verbal, kita juga dapat memberikan dukungan untuk melakukan sesuatu. Ketika depresi, mungkin kamu bisa sedikit menenangkan diri terlebih dahulu dan memulai introspeksi serta memikirkan hal-hal positif yang akan terjadi berikutnya.

8. Memang tidak mudah, tapi kamu layak menang atasnya!

10 Kata Motivasi Khusus untuk Menyemangati Orang yang Depresi

“Tidak ada yang bisa menyelamatkanmu selain dirimu sendiri, dan kamu layak diselamatkan. Ini perang yang tidak mudah dimenangkan, tetapi jika ada sesuatu yang layak dimenangkan maka inilah saatnya.” – Charles Bukowski

Ada banyak orang yang depresi berakhir dengan bunuh diri. Ingat, hal itu tidak akan menyelesaikan masalah. Depresi akan membuat kita semakin kuat dan banyak orang yang bisa bangkit dan meraih kesuksesan karenanya. Oleh karena itu, selamatkan dirimu, kalahkan depresi dan jadilah pemenang!

9. Kamu lebih dari yang kamu pikirkan

10 Kata Motivasi Khusus untuk Menyemangati Orang yang Depresi

“Berjanjilah padaku, kamu akan selalu ingat – kamu lebih berani dari yang kamu yakini, dan lebih kuat dari yang kamu kira, dan lebih pintar dari yang kamu pikirkan.” – Christopher Robin dari Winnie the Pooh

Pikiran yang akan muncul dari seseorang yang depresi akan selalu negatif dengan menyebut dirinya bodoh, lemah dan sebagainya. Untuk itu, kehadiran seseorang untuk menepis semua persepsi salah tentang dirinya sangat diperlukan.

10. Kamu tidak lemah, justru kamu berusaha untuk menjadi lebih kuat!

10 Kata Motivasi Khusus untuk Menyemangati Orang yang Depresi

“Depresi bukanlah sebuah tanda kelemahan, itu adalah tanda bahwa kamu sedang mencoba untuk lebih kuat dalam waktu yang lama.” – Sigmund Freud

Banyak orang yang salah dalam menilai seseorang yang mengidap depresi karena ia tidak mampu mengatasi permasalahan hidupnya. Justru seseorang yang mengalami depresi akan terus belajar mengatasi gejolak dalam dirinya yang tidak dialami orang lain. Maka tak heran, ketika sembuh dari depresi, seseorang biasanya akan jauh lebih kuat dan mampu mencapai versi terbaik dalam hidupnya. 

Semua orang, tidak memandang gender dan usia, pada beberapa waktu tertentu dalam hidupnya, pasti mengalami depresi. Maka dari itu, penting untuk memberikan dukungan mental serta mengerti perasaan orang lain yang sedang depresi berdasarkan sudut pandang orang tersebut.

Yakinkan ia agar selalu berpikiran positif dan tanpa berputus asa adalah kunci yang bisa dipegang dalam menjalani hidup dan yakinlah bahwa pada akhirnya semua akan baik-baik saja.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!