7 Rumor dan Bocoran yang Sejauh Ini Diketahui dari Honor 9X dan 9X Pro

oleh

7 Rumor dan Bocoran yang Sejauh Ini Diketahui dari Honor 9X dan 9X Pro. Akan bawa kamera selfie dengan mekanisme pop-up

Honor 8X dan 8X Max secara mengejutkan menjadi smartphone terlaris dari sub-brand Huawei itu. Secara spesifik, Honor 8X terjual sebanyak lebih dari 10 juta unit dalam kurun waktu lima bulan. Ini angka yang fantastis untuk smartphone yang sempat diremehkan.

Kini, setelah hampir satu tahun, suksesor dari lini 8X siap untuk dirilis. Huawei menamai smartphone terbaru dari lini X dengan nama Honor 9X dan 9X Pro, dan itu akan datang dalam beberapa minggu. Sembari menunggu peluncuran resminya, berikut 7 rumor yang sejauh ini diketahui dari Honor 9X dan 9X Pro.

1. Tanggal rilis

7 Rumor dan Bocoran yang Sejauh Ini Diketahui dari Honor 9X dan 9X Pro

Honor mengungkapkan bahwa Honor 9X akan diluncurkan pada sebuah event di Tiongkok, di 23 Juli mendatang. Sub-brand dari Huawei itu mengonfirmasi tanggal peluncuran ini pada sebuah postingan di Weibo yang datang langsung dari CEO-nya, George Zhao.

Meski postingan tersebut hampir sepenuhnya dalam bahasa Mandarin, mudah untuk melihat bahwa itu mengonfirmasi kehadiran Honor 9X dan tanggal peluncurannya di 23 Juli. Sayangnya, poster tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda 9X Pro yang dirumorkan akan jadi varian ‘Max’ dari 9X biasa.

2. Desain

7 Rumor dan Bocoran yang Sejauh Ini Diketahui dari Honor 9X dan 9X Pro

Desain warna gradien yang dimiliki oleh Honor 8X, disebut-sebut masih akan diteruskan di Honor 9X. Mengingat lini 9X berada di kelas mid-range, sensor fingerprint dalam layar nampaknya belum akan diaplikasikan. Lini 9X diprediksi masih akan menggunakan sensor fingerprint di sisi belakang, seperti lini 8X.

Untuk layar, dikabarkan bahwa kedua smartphone dari lini 9X akan memiliki layar IPS LCD dengan ukuran yang sama di sekitaran 6,5 inci atau 6,7 inci. Sementara itu, USB-C akan digunakan untuk jenis port-nya bersama dengan kamera selfie dengan mekanisme pop-up.

3. Spesifikasi Honor 9X

7 Rumor dan Bocoran yang Sejauh Ini Diketahui dari Honor 9X dan 9X Pro

Dirumorkan bahwa Honor 9X akan ditenagai dengan Kirin 810, yang sebelumnya digunakan oleh Honor Nova 5. Yang menarik dari Kirin 810 adalah ini memiliki fabrikasi 7nm seperti Kirin 980 yang digunakan oleh beberapa flagship Huawei.

Untuk RAM, penyimpanan internal dan baterai, bocoran yang tersebar di internet menyebut bahwa Honor 9X akan membawa opsi RAM 6/8GB, penyimpanan internal 128/256GB dan baterai 3,750mAh. Karena ini smartphone baru di 2019, dapat dipastikan bahwa ini akan berjalan di Android 9.0 Pie dengan kustomisasi EMUI 9.1.

4. Spesifikasi Honor 9X Pro

7 Rumor dan Bocoran yang Sejauh Ini Diketahui dari Honor 9X dan 9X Pro

Beralih ke varian ‘lebih kuat’ dari Honor 9X yaitu 9X Pro, yang diklaim akan menggunakan Kirin 980, yang notabene merupakan chipset terkuat dari Huawei. Ini belum bisa dikonfirmasi dan kecil kemungkinannya untuk benar-benar terealisasikan.

Sementara opsi RAM dan penyimpanan internal, tidak akan berbeda jauh dengan 9X biasa. Sementara baterainya dikabarkan berkapasitas 4,000mAh. Untuk sistem operasi, 9X Pro dapat dikonfirmasi akan berjalan di Android 9.0 Pie, yang telah dikustomisasi dengan EMUI 9.1 khas Huawei.

5. Fitur unggulan

7 Rumor dan Bocoran yang Sejauh Ini Diketahui dari Honor 9X dan 9X Pro

Salah satu fitur paling menonjol dari lini ‘X’ Honor adalah kamera. Honor 9X dan 9X Pro akan melanjutkan tradisi fitur unggulan itu, dengan kamera berkualitas terbaik. Untuk 9X, disebut-sebut akan menggunakan konfigurasi tiga kamera belakang, dengan kamera utama beresolusi 24MP.

Sementara 9X Pro, kemungkinan akan lebih baik dengan konfigurasi empat kamera belakang dan Sony IMX582 sebagai sensor dari kamera utama berkekuatan 48MP. Selain itu, beberapa rumor mengklaim bahwa 9X Pro juga akan dilengkapi dengan sensor fingerprint dalam layar.

6. Harganya dinilai masih terjangkau oleh para netizen, dilihat dari spesifikasinya

7 Rumor dan Bocoran yang Sejauh Ini Diketahui dari Honor 9X dan 9X Pro

Mengingat Honor merupakan sub-brand Huawei dengan kebiasaan seperti Xiaomi, besar kemungkinan bahwa Honor 9X dan 9X Pro akan dibanderol di harga yang terjangkau. Terutama untuk 9X Pro, itu diprediksi akan dijual mulai dari Rp3,9 juta untuk varian 6GB + 128GB, Rp4,5 juta untuk varian 8GB + 128GB dan Rp5,1 juta untuk varian 8GB + 256GB. Sementara untuk 9X biasa, harganya masih menjadi misteri hingga saat ini. Namun yang pasti itu akan lebih murah dari varian Pro-nya.

7. Ketersediaannya di Indonesia

7 Rumor dan Bocoran yang Sejauh Ini Diketahui dari Honor 9X dan 9X Pro

Di samping harga, salah satu hal yang paling banyak ditanyakan dari Honor 9X dan 9X Pro adalah ketersediaannya. Belum dapat dikonfirmasi apakah smartphone mid-range baru dari Honor ini akan masuk ke Indonesia.

Namun jika melihat jejak dari beberapa smartphone Honor yang telah dijual secara resmi di Indonesia, ada kemungkinan yang cukup besar untuk Honor 9X dan 9X akan dipasarkan di Indonesia. Jadi, kita tunggu saja!

Demikian tadi info mengenai beberapa rumor dan bocoran yang sejauh ini diketahui dari Honor 9X dan 9X Pro. Bagaimana pendapat kamu tentang kedua smartphone mid-range terbaru dari Honor ini? Tertarik untuk membelinya?

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!