Ganti Nasi dengan Bihun, Turunkan Berat Badan dan Atasi Anemia

oleh

Ganti Nasi dengan Bihun, Turunkan Berat Badan dan Atasi Anemia . Sebagai pengganti nasi, bihun dapat membantu menurunkan berat badan, mengatasi anemia, dan mencegah hipertensi. Apa lagi keuntungan lainnya?

News, Jakarta – Bihun sering digunakan sebagai pengganti nasi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Terbuat dari bahan dasar tepung beras, rupanya bihun memiliki segudang manfaat bagi yang mengonsumsinya. 

Sebagai pengganti nasi, bihun dapat membantu menurunkan berat badan. Melansir dari Live Strong dan Health Benefits, berikut adalah lima keuntungan mengonsumsi bihun.

1. Menurunkan berat badan

Khususnya bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, memasukkan bihun sebagai makanan pendukung diet adalah pilihan tepat. Ini karena bihun tidak mengandung lemak. Nilai karbohidratnya juga sangat minim, yakni 192 kalori per porsinya. Meski demikian, perlu diperhatikan campuran bihun yang disajikan. Jangan ditambah dengan daging, namun pilihlah sayuran agar rendah kalorinya tetap terjaga.

2. Mencegah hipertensi

Apabila Anda adalah seorang pasien darah tinggi atau memiliki risiko yang besar untuk penyakit ini, sangat baik jika mengonsumsi bihun. Sebab, bihun mengandung sodium dengan angka minimum. Sehingga ia pun bisa mencegah kambuhnya hipertensi, ataupun meningkatkan risikonya.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Selain dikenal memiliki tekstur yang lembut, bihun juga kaya akan serat. Tak heran, makanan ini dapat mengatasi masalah kesehatan terkait pencernaan. Beberapa contohnya ialah kembung dan sembelit. Daripada digoreng, bihun lebih disarankan direbus karena kuahnya bikin hangat.

4. Mengatasi anemia

Anemia sering dikaitkan dengan kurangnya sel darah yang menyebabkan aliran oksigen berkurang ke seluruh organ tubuh. Rupanya dengan mengkonsumsi bihun, hal ini pun bisa diatasi. Bihun kaya akan zat besi sehingga bisa mempercepat produksi sel darah dan membuat sirkulasi darah menjadi lebih baik. Dengan sirkulasi darah yang baik, tubuh akan mendapatkan oksigen yang cukup sehingga mampu melakukan fungsi secara yang tepat.

5. Mencegah diabetes

Tahukah Anda bahwa bihun termasuk dalam makanan dengan indeks glikemik yang rendah? Bagi pasien maupun orang dengan risiko diabetes tentu mengerti bahwa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi ialah hanya yang memiliki indeks glikemik rendah itu. Jadi, jika Anda mengidap diabetes atau ingin mencegahnya, bihun sangat disarankan untuk Anda konsumsi sebagai pengganti nasi. 

| LIVESTRONG | HEALTHBENEFITS

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!