Gunung Arjuno Terbakar, 90 Pendaki Berhasil Dievakuasi

oleh

Gunung Arjuno Terbakar, 90 Pendaki Berhasil Dievakuasi. BPBD mulai kirim logistik

Surabaya – Gunung Arjuno di Jawa Timur mengalami kebakaran sejak Minggu (28/7) pagi. Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur Satrio Nurseno mengatakan, beberapa titik api dikabarkan belum bisa dipadamkan.

1. Puncak dan lereng masih terbakar

Gunung Arjuno Terbakar, 90 Pendaki Berhasil Dievakuasi

Satrio mengatakan pemadaman api di Gunung Arjuno terkendala medan yang sulit dilalui. Sehingga masih ada titik api yang masih berkobar.

“Masih beberapa titik api belum padam, seperti di puncak dan lereng karena akses yang cukup sulit,” ujar dia saat dikonfirmasi, Senin (29/7).

2. Sebanyak 90 pendaki berhasil dievakuasi dalam keadaan baik

Gunung Arjuno Terbakar, 90 Pendaki Berhasil Dievakuasi

Satrio mengatakan para pendaki sudah dievakuasi secara maraton dari gunung. Terakhir, ada 12 pendaki yang turun dari Pos Cangar sekitar pukul 09.45 WIB. “Dari 90 orang sudah turun semua,” kata dia.

Namun, Satrio menyebut, masih ada beberapa pendaki dari Pos Purwosari yang masih perjalanan turun. Dia belum bisa memastikan jumlah rincinya, tapi semua pendaki dalam keadaan baik.

“Yang dari Pos Purwosari juga ada pendaki, belum bisa kasih data beberapa orang posisi sudah di pos dua perjalanan turun. Kondisi sehat semua,” kata dia.

3. Kirim bantuan tim untuk menjinakkan api dan beberapa bantuan logistik makanan

Gunung Arjuno Terbakar, 90 Pendaki Berhasil Dievakuasi

BPBD Jatim, kata Satrio, saat ini masih memantau perkembangan api. Dia menyatakan, api sudah bisa dikondisikan oleh tim. “Takutnya ada titik api lagi yang membesar. BPBD Jatim bantu personel dan logistik,” ucap dia.

“Dukungan personel TRC BPBD Jatim 10 orang dan dukungan logistik makanan siap saji 20 dus, tambahan gizi 20 dus, lauk pauk 20 dus, sarung tangan 300 pasang, masker 2.000 buah,” pungkas Satrio.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!