Mantan Menteri PUPR Era Soeharto Wafat Tepat di Hari Kemerdekaan

oleh

Mantan Menteri PUPR Era Soeharto Wafat Tepat di Hari Kemerdekaan. Mantan Menteri Pekerjaan Umum era Presiden Soeharto DR.(H.C.) Ir. Suyono Sosrodarsono, meninggal dunia dalam usia 93 tahun tepat di hari kemerdekaan RI, 17 Agustus 2019 pukul 15.30 di Jakarta.

JAKARTA – Mantan Menteri Pekerjaan Umum era Presiden Soeharto DR.(H.C.) Ir. Suyono Sosrodarsono, meninggal dunia dalam usia 93 tahun tepat di hari kemerdekaan RI, 17 Agustus 2019 pukul 15.30 di Jakarta.

Suyono lahir di Madiun, Jawa Timur pada 3 Maret 1926. Suyono pernah menjabat sebagai menteri Pekerjaan Umum pada Kabinet Pembangunan IV (1983-1988).

Pemakaman Suyono Sosrodarsono akan dilaksanakan pada hari Minggu, 18 Agustus 2019 di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Segenap karyawan Kementerian PUPR pun turut berduka cita sedalam dalamnya atas berpulangnya salah satu putra terbaik bangsa dikutip dari akun instagram resmi Kemenpupr, Minggu (18/8/19).

Pada tahun 1955, Suyono bergabung dengan Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik (PUTL) dan ditempatkan di Jawatan Perumahan Rakyat. Setelah bertugas sekita 4 tahun, Suyono ditugaskan menjadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum di Provinsi Sumatera Selatan.

Setelah penugasan di Sumatera Selatan, karirnya pun maju pesat. Suyono kemudian dipercaya menduduki berbagai jabatan penting seperti : Kepala Direktorat Tata Bangunan Departemen PU (1963-1964) yang mengkoordinasikan jawatan planologi, jawatan Perumahan Rakyat dan jawatan gedung-gedung negeri.

Jejak pengabdian beliau adalah berbagai bendungan di Indonesia, seperti Bendungan Karangkates di Jawa Timur dan Bendungan Padang Sappa di Sulawesi Selatan. Beliau juga aktif menulis buku pegangan untuk ilmu teknik sipil di Indonesia, terutama mengenai teknik pengendalian air.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!