Punya Usulan Nama Menteri PPN/Kepala Bappenas? Yuk Isi Surveinya!

oleh

Punya Usulan Nama Menteri PPN/Kepala Bappenas? Yuk Isi Surveinya!. Menteri PPN/Bappenas memegang peranan sangat penting di Tanah Air. Perencanaan pembangunan termasuk pindah ibu kota ada di tangannya. Yuk bantu usul nama!

Jakarta – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) memegang peranan sangat penting di Tanah Air. Sebab kelangsungan perencanaan pengembangan negara di masa depan ada di tangannya.

Maka dari itu, orang terbaik harus mengisi posisi itu membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode selanjutnya. Detikers punya usulan?

Jika punya, sudah seharusnya mengikuti program ‘Bantu Jokowi Cari Menteri’. Lewat program ini, Detikers bisa mengusulkan calon terbaik dengan mengisi form survei berikut ini. Survei ini berlangsung dari 12-19 Agustus 2019.

Sesuai dengan Peraturan Presiden No. 65 Tahun 2015, Kementerian PPN/Bappenas mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang perencanaan pembangunan nasional untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan fungsi:
a. Perumusan dan penetapan kebijakan di bidang perencanaan pembangunan nasional, strategi pembangunan nasional, arah kebijakan sektoral, lintas sektor, dan lintas wilayah, serta kerangka ekonomi makro yang mencakup gambaran perekonomian secara menyeluruh termasuk arah kebijakan fiskal, kerangka regulasi, kelembagaan, dan pendanaan;

b. Koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang perencanaan dan penganggaran pembangunan nasional;

c. Pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional;

d. Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional; dan

e. Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional.

Lebih lanjut, bagi Detikers yang ikut program ini punya kesempatan mendapatkan hadiah Rp 500 ribu. Hadiah diberikan kepada Detikers yang mengisi lengkap usulan nama calon menteri beserta posisinya saat ini.

Dalam survei ini, nama calon menteri usulan Detikers akan diverifikasi oleh tim pakar dan menjadi bahan Focus Group Discussion. Tim pakar akan mengerucutkan nama-nama yang masuk menjadi 6 calon menteri per kementerian.

Detikers akan kembali dilibatkan lewat survei untuk mengerucutkan dari 6 menjadi 3 besar calon menteri. Nah tiga nama calon menteri plus nama menteri incumbent akan diserahkan ke Presiden Jokowi sebagai masukan masyarakat untuk kabinet lima tahun ke depan.

Ini bukan pertama kalinya membantu Jokowi mencari menteri. Pada tahun 2014, mengadakan ‘Seleksi Menteri’ dan beberapa nama dari program tersebut masuk ke Kabinet Kerja 2014-2019.

Siap ‘Bantu Jokowi Cari Menteri’? Yuk isi surveinya sekarang! Klik .

Simak Video “Tonton Blak-blakan Kepala Bappenas: Kenapa Ibu Kota Harus Pindah?”


Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!