Kapolri Ungkap Kelompok Perusuh di Papua Libatkan Pihak Asing

oleh

Kapolri Ungkap Kelompok Perusuh di Papua Libatkan Pihak Asing. Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan bahwa kelompok perusuh di Papua melibatkan pihak asing

JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan bahwa kelompok perusuh di Papua melibatkan pihak asing dalam beberapa aksi yang sempat terjadi di wilayah tersebut.

“Kami sama-sama tahu dari kelompok-kelompok ini ada hubungannya dengan network di international ya jadi kami harus menanganinya memang di dalam negeri maupun di luar negeri,” kata Tito saat acara HUT Polwan ke-71 di Lapangan Mapolda Metro Jaya, Minggu (1/9/2019).

Dengan adanya informasi tersebut, Tito menekankan, pihaknya akan menjalin kerjasama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan intelijen untuk mengungkap peran pihak ketiga dibalik rangkaian kerusuhan di Papua dan Papua Barat.

Dikesempatan yang sama, Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal menyatakan bahwa saat ini pihaknya masih terus mendalami terkait informasi adanya peranan asing dalam aksi itu.

Tito

Kendati demikian, Polri belum bisa mengungkap siapa sosok asing dan peran lengkapnya dibalik keterlibatannya dalam kerusuhan di Papua. Pasalnya, saat ini masih dalam proses penyelidikan.

“Ada (dugaan keterlibatan pihak asing terkait kerusuhan Papua) tapi ini kan penangangannya harus komprehensif. Polri tentunya akan koordinasi dengan Kemlu. Intinya enggak bisa kita sampaikan disini (identitas pihak asing),” ujar Iqbal.

Disisi lain, Iqbal menyebut, pihaknya terus melakukan pemetaan untuk kepentingan identifikasi yang diduga sebagai provokasi kerusuhan di Papua.

“Sebenarnya kelompok-kelompok lokal yang diduga ada kaitannya dengan kerusuhan terkonek dengan beberapa pihak luar. Ini sedang kami petakan, pihak kami dari intelejen dan beberapa kementerian, lembaga terkait sudah bekerja,” tutup Iqbal.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!