Selangor Malaysia Mulai Bikin Hujan untuk Lawan Asap

oleh

Selangor Malaysia Mulai Bikin Hujan untuk Lawan Asap. Kebakaran lahan di Indonesia dituding sebagai penyebab munculnya asap di Malaysia dan Singapura.

News, Shah Alam – Negara Bagian Selangor di Malaysia akan mulai menggelar operasi pembibitan di kawasan yang terkena asap dari Indonesia.

Sejumlah kawasan polusi udara memiliki Indeks Polusi Udara melebihi skor 200 atau kondisi sangat tidak sehat.

Ketua Komite Lingkungan Negara Selangor, Hee Loy Sian, mengatakan keputusan ini dibuat dalam rapat Dewan Aksi Ekonomi Selangor pada Kamis, 12 September 2019.

Hee mengatakan pemerintah mengaktifkan komite manajemen bencana tingkat distrik dan negara bagian saat indek polusi tercatat pada kisaran 151 – 200 selama lebih 24 jam.

“Pemerintah juga akan menyuplai masker debu kepada masyarakat,” begitu dilansir Channel News Asia pada Jumat, 13 September 2019.

Hee mengatakan pemerintah akan mengerahkan rencana besar melibatkan kementerian energi, sains, teknologi, lingkungan dan perubahan iklim.

Sebelumnya, pemerintahan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, menulis surat kepada pemerintah Indonesia mengeluhkan asap yang datang dari wilayah Indonesia. Gangguan asap ini terjadi rutin setiap tahun.

Namun, pernyataan sebagian pejabat Indonesia yang membantah asal asap dari kawasan hutan di Indonesia membuat pejabat Malaysia menjadi kecewa.

Channel News Asia melansir ada 222 titik api terdeteksi di kawasan Sumatera terutama dari Riau, Jambi, Sumatera Selatan. Sedangkan di Pulau Kalimantan atau Pulau Borneo ada 1.264 rutin.

Sedangkan negara bagian Sarawak, yang berbatasan dengan Kalimantan, melakukan pembibitan awan pada Kamis kemarin.

Singapura dan Indonesia menggunakan Indeks Standar Polusi untuk mengukur kualitas udara. Sedangkan Malaysia menggunakan kategori Indeks Polusi Udara.

Menurut pemerintah Selangor, Malaysia, ada 29 sekolah di kawasan Klang dan Kuala Langat akan ditutup Jumat pekan ini. Jumlah ini bertambah lima sekolah dari sehari sebelumnya.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!