Sudah Kerja Keras tapi Tak Kunjung Kaya, Mungkin Ini Sebabnya

oleh

Sudah Kerja Keras tapi Tak Kunjung Kaya, Mungkin Ini Sebabnya. Anda mungkin terus bingung dan putus asa, sudah kerja keras dan berhemat tapi tak kunjung kaya. Apa yang salah? Cek aneka penyebab berikut.

News, Jakarta – Selama ini Anda mungkin sudah kerja keras, mencoba gaya hidup hemat dan menabung, sesuai peribahasa, menabung pangkal kaya. Tapi, hasilnya, tetap saja tidak kaya.

Menurut Independent, ada sembilan alasan kenapa Anda tak kunjung kaya. Bisa jadi, penyebabnya memang seperti yang dijelaskan berikut ini.

#Terlalu fokus pada penghematan
“Berhentilah mengkhawatirkan kehabisan uang dan fokus pada bagaimana membuat uang lebih banyak,” saran jutawan Steve  Siebold. Beberapa ahli mengatakan bahwa ini bukan tentang berapa banyak uang yang dihasilkan, ini tentang jumlah yang disimpan.

#Tidak berinvestasi
Salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan lebih banyak uang dari waktu ke waktu adalah dengan menginvestasikannya, dan semakin awal memulai akan semakin baik. “Rata-rata jutawan menginvestasikan 20 persen dari pendapatan rumah tangga mereka setiap tahun. Kekayaan mereka tidak diukur dari jumlah yang dihasilkan setiap tahun tapi bagaimana kekayaan itu disimpan dan diinvestasikan dari waktu ke waktu,” tulis pengamat Ramit Sethi.

#Puas dengan gaji tetap
Rata-rata orang memilih untuk mendapatkan pembayaran berdasarkan waktu atau gaji tetap, sementara orang kaya memilih untuk mendapatkan bayaran berdasarkan hasil dan biasanya wiraswasta.

“Orang-orang hebat tahu wiraswasta adalah jalan tercepat menuju kekayaan,” ungkap Siebold.

Ilustrasi menabung. Thefiscaltimes.com

#Membeli barang-barang di luar jangkauan
Jika hidup di atas kemampuan, Anda tidak akan menjadi kaya. Bahkan jika penghasilan mulai meningkat dan jadi lebih banyak, jangan menggunakannya sebagai pembenaran untuk memberi diri peningkatan gaya hidup.

#Mengejar impian orang lain
Jika ingin sukses, Anda harus mencintai apa yang Anda lakukan dan itu berarti menentukan dan mengejar minat. Terlalu banyak orang membuat kesalahan dengan mengejar impian orang lain, seperti orang tua mereka.

“Bila mengejar impian atau tujuan orang lain, Anda mungkin akhirnya tidak senang dengan profesi pilihan Anda,” tulis Thomas C. Corley dalam buku Change Your Habits, Change Your Life.

#Jarang keluar dari zona nyaman
Jika ingin membangun kekayaan, kesuksesan, atau maju dalam kehidupan, Anda harus terbiasa dengan ketidakpastian atau ketidaknyamanan. Orang kaya merasa nyaman dalam ketidakpastian.

#Tidak memiliki tujuan untuk uang
Uang tidak akan muncul begitu saja, Anda harus mecarinya. Jika ingin membangun kekayaan, Anda harus memiliki tujuan yang jelas dan spesifik sebelum membuat rencana keuangan untuk mencapai tujuan itu.

#Menghabiskan uang dulu, baru menabung sisanya
Alih-alih menghabiskan uang terlebih dahulu baru kemudian sisanya ditabung, sebaiknya menyimpan uang dulu baru sisanya untuk dipakai. Sisihkan minimal 10 persen dari penghasilan kotor dan buat prosesnya otomatis, misalnya dipotong otomatis dari rekening bank setiap kali gajian.

#Berpikir menjadi kaya berada di luar jangkauan
“Rata-rata orang percaya menjadi kaya adalah hak istimewa yang diberikan hanya kepada mereka yang beruntung,” tulis Siebold. “Sebenarnya, di negara kapitalis, Anda memiliki hak untuk menjadi kaya jika bersedia menciptakan nilai besar bagi orang lain.”

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!