Dua Produsen Mobil Ini Dikabarkan Bakal Bangun Pabrik di Indonesia

oleh

Dua Produsen Mobil Ini Dikabarkan Bakal Bangun Pabrik di Indonesia. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyatakan sejumlah prinsipal otomotif global berencana membangun pabrik baru di Indonesia.

News, JAKARTA – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyatakan sejumlah prinsipal otomotif global berencana membangun pabrik baru di Indonesia.

Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara menyatakan salah satu prinsipal yang telah menyatakan niat membangun pabrik di Indonesia adalah Renault dari Perancis. Sejauh ini, Renault masih dipasarkan di Indonesia dengan skema impor utuh.

“Yang baru adalah Renault dari Perancis, meskipun sekarang masih impor CBU [completely built up/impor utuh] dan dipasarkan di sini,” katanya kepada News, Senin (21/10/2019).

Dia menambahkan, sat ini Renault masih menyiapkan jaringan dealer terlebih dahulu untuk membentuk jaringan dan pasar di Indonesia. Menurutnya, apabila pasar Indonesia dinilai cukup prospektif maka realisasi investasi pembangunan pabrik itu akan terwujud.

Saat ini, Renault masuk ke Indonesia melalui PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM). MRI merupakan bagian dari Nusantara Maxindo Group. Sebelumnya, Renault berada di bawah payung Indomobil Group.

Selain itu, dia mengatakan bahwa Toyota melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berencana untuk mendirikan pabrik baru di Indonesia yang dikhususkan untuk produksi mobil listrik. Namun, belum ada kepastian kapan hal itu akan direalisasikan.

“Kalau tidak salah juga TMMIN juga pernah berminat untuk mobil listrik tapi kapannya belum tahu,” ujarnya.

Sampai dengan kuartal III/2019 realisasi penanaman modal asing (PMA) ke industri otomotif baru mencapai US$365,71 juta. Adapun, penanaman modal dalam negeri (PMDN) tercatat baru mencapai Rp92,98 miliar.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!