ads header
leftbanner1

Bawaslu Bertemu Kapolri, Bahas Keamanan, Netralitas dan Penegakan Hukum Pemilu

Bawaslu Bertemu Kapolri, Bahas Keamanan, Netralitas dan Penegakan Hukum Pemilu

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.--

JAKARTA, WERADIO.CO.ID - Bawaslu melakukan audiensi dengan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) beserta jajarannya.

Dalam pertemuan tersebut, Bawaslu dan Polri kerja sama dalam penyelenggaraan pengawasan pemilu di antaranya soal Penegakan Hukum, kejahatan siber, dan pengawasan Netralitas Polri dalam pemilu.

banner body artikel 1

Bawaslu dan Polri bersepakat dalam Penegakan Hukum pemilu bahwa perlu ada penguatan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu).

Di dalam Sentra Gakkumdu terdapat unsur pengawas pemilu, kepolisian, dan kejaksaan. Maka, dalam pertemuan tersebut, Bawaslu meminta agar personel kepolisian yang ditugaskan di Sentra Gakkumdu tidak dibebani tugas lain.

banner body artikel 2

Bawaslu berharap anggota polisi di Sentra Gakkumdu di semua tingkatan dan wilayah diizinkan untuk fokus menjalani tugasnya sebagai penegak hukum pemilu.

BACA JUGA:Banjir Depok Mencapai Dua Meter, Sebanyak 57 KK Berhasil Dievakuasi

BACA JUGA:Sah, Jokowi Tunjuk Mahfud MD Menjadi Plt. Menteri PANRB sampai Adanya Definitif

banner body artikel 3

BACA JUGA:Daftar Desert Lezat dan Mengenyangkan Berbahan Dasar Oreo

Hal itu mengingat waktu penanganan pelanggaran pemilu yang singkat karena terbatas tahapan pemilu.

Bawaslu memandang Polri memegan peranan penting dalam pencegahan pelanggaran pemilu dan terjadinya perpecahan yang mungkin dipicu oleh disinformasi dan misinformasi di media siber.

Untuk itu, Bawaslu pun akan bekerja sama dengan kepolisian dalam mencegah dan menindak kejahatab siber yang biasa masif terjadi pada masa tahapan pemilu.

Di samping itu, kerja sama juga akan dilakukan dalam hal pengawasan Netralitas Polri. Sebab, dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilihan, Polri diwajibkan netral.

Di sisi lain, Bawaslu diberi tugas oleh undang-undang untuk mengawasi Netralitas tersebut.

banner body artikel 6

Dalam hal keamanan, Bawaslu dan Polri membahas keamanan seluruh proses Pemilu dan Pemilihan 2024.

Keamanan bukan hanya dalam hal penyelenggaraan yang melibatkan penyelenggara pemilu, namun juga keamanan masyarakat, misalnya dalam menyampaikan aspirasi. Antisipasi keamanan itu dilakukan dengan merujuk pada Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang diterbitkan Bawaslu.

BACA JUGA:Daftar Desert Lezat dan Mengenyangkan Berbahan Dasar Oreo

BACA JUGA:Mahasiswa dan Pelajar di Kota Tangerang Dilatih Karya Tulis Sejarah

BACA JUGA:Mahasiswa dan Pelajar di Kota Tangerang Dilatih Karya Tulis Sejarah

Lebih lanjut, kerja sama juga dilakukan dalam hal sumber daya manusia. Hal itu menyangkut peningkatan kapasitas melalui pelatihan serta pemanfaatan SDM baik dari pihak Polri maupun Bawaslu.

Polri menyatakan kesediannya menignkatkan kapasitas SDM Bawaslu dalam hal investigasi dan klarifikasi dalam Penegakan Hukum pemilu.

Kerja sama juga dilakukan dengan pemberian dukungan Polri bagi Bawaslu untuk memanfaatkan sarana dan prasarana kepolisian di setiap kepolisian daerah (polda) dalam penyelenggaraan pemilu. Polri akan menyediakan ruang-ruang yang dimilikinya sebagai tempat pelatihan Polri.

Kapolri Listyo Sigit menyambut baik pembahasan tersebut. Untuk itu, semua hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut akan dituangkan dalam nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Bawaslu dan Polri.

Selain untuk Bawaslu RI, MoU tersebut juga akan menjadi acuan kerja hingga di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

BACA JUGA:ASN Wajib Baca, Kementerian PANRB Revisi Aturan Tentang Jabatan Fungsional PNS

BACA JUGA:Kenali Beberapa Penyebab Mata Minus yang Perlu Kalian Ketahui

BACA JUGA:Lirik Lagu Intentions Justin Bieber ft Quavo Beserta Terjemahnya

Dalam pertemuan tersebut, Kapolri didampingi Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri Komjen Pol. Ahmad Dofri, Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol. Agus Andrianto, Asisten Operasi Kapolri Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, dan Kepala Divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi Polri Irjen Pol Slamet Uliandi.

Sedangkan dari Bawaslu, yang hadir adalah Ketua Bawaslu Rahmat Bagja, Anggota Bawaslu Puadi, Lolly Suhenty, Herwyn JH Malonda, dan Totok Haryono.

Selain itu, pimpinan Bawaslu didampingi oleh pejabat structural, yaitu Deputi Bidang Dukungan Teknis Labayoni, Kepala Biro Fasilitasi Pengawasan Pemilu Asmin Safari Lubis,dan  Kepala Biro Penanganan Pelanggaran Yusti Erlina.

 

leftbanner2
Sumber:

leftbanner3

BERITA TERKAIT

Bawaslu Bertemu Kapolri, Bahas Keamanan, Netralitas dan Penegakan Hukum Pemilu

Sabtu / 16-07-2022,16:00 WIB

Dalam pertemuan tersebut, Bawaslu dan Polri kerja sama dalam penyelenggaraan pengawasan pemilu di antaranya soal penegakan hukum, kejahatan siber, dan pengawasan netralitas Polri dalam pemilu.

Bawaslu Bertemu Kapolri, Bahas Keamanan, Netralitas dan Penegakan Hukum Pemilu
leftbanner4
footerbanner