Mengenal dan Cara Daftar Aplikasi SIAPkerja dari Kemnaker

Ilustrasi pekerja sedang mengakses info lowongan kerja-gambar dibuat dengan leonardo Ai-
Tujuan SIAPkerja Kemnaker
Mengutip dari situs Kemnaker, SIAPkerja adalah suatu ekosistem digital yang menjadi platform bagi segala jenis layanan publik dan aktivitas bidang ketenagakerjaan, baik di pusat maupun daerah. Tujuan dari layanan SIAPkerja Kemnaker ini untuk:
- Membangun dan mengembangkan ekosistem digital ketenagakerjaan sehingga membuka peluang yang lebih luas bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan ketenagakerjaan;
- Mempermudah stakeholder (masyarakat, lembaga, perusahaan dan K/L) dalam menggunakan layanan ketenagakerjaan;
- Dibangun dengan konsep micro services, di mana masing-masing layanan saling terintegrasi dan sekaligus mewujudkan satu data;
BACA JUGA:InJourney Aviation Services (IAS) Hadirkan Layanan Kelas Dunia dengan Sentuhan Lokal
- Menerapkan Single Sign On (SSO) pada semua layanan, sehingga stakeholder hanya cukup mempunyai satu akun dan satu kali login untuk mengakses semua layanan yang ada.
Fitur-fitur SIAPkerja Kemnaker
Ada empat layanan utama dalam SIAPkerja Kemnaker terkait dunia kerja. Apa saja?
1. Karirhub: Menyediakan informasi lowongan pekerjaan
2. Skillhub: Menyediakan pelatihan kerja untuk meningkatkan keterampilan
3. Sertihub: Untuk memperoleh sertifikasi ketenagakerjaan
4. Bizhub: Untuk memfasilitasi tenaga kerja mandiri (TKM) dalam rangka program perluasan kesempatan kerja