ads header
leftbanner1
banner body artikel 1
banner body artikel 2
banner body artikel 3
banner body artikel 6
leftbanner2
leftbanner3
leftbanner4
footerbanner

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/tmp/ci_sessionre716qqpppcg1khadhck946gk44vpfkt): failed to open stream: Disk quota exceeded

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 174

Backtrace:

File: /home/tecw2658/public_html/weradio.co.id/application/controllers/Frontend.php
Line: 5
Function: __construct

File: /home/tecw2658/public_html/weradio.co.id/index.php
Line: 316
Function: require_once

Ternyata Corona Masih Ada, Jabodetabek Naik Status Level 2

Ternyata Corona Masih Ada, Jabodetabek Naik Status Level 2

Ilustrasi Covid 19 (corona) yang melanda dunia. -pixabay-pixabay

JAKARTA, WERADIO.CO.ID – Setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (Ppkm) selama sebulan terakhir, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian kembali memperpanjang kebijakan tersebut. 

Perpanjangan Ppkm ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 33 Tahun 2022 untuk wilayah Jawa-Bali, dan Inmendagri Nomor 34 Tahun 2022 untuk wilayah di luar Jawa-Bali. Kedua Inmendagri tersebut berlaku efektif mulai 5 Juli hingga 1 Agustus 2022. 

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrial ZA menjelaskan, pelaksanaan Ppkm kali ini perlu mendapat perhatian serius dari seluruh pihak, khususnya di wilayah Jawa-Bali yang kini terdapat daerah dengan status Ppkm Level 2

“Akhir-akhir ini kita melihat adanya peningkatan kasus Covid-19 dikarenakan adanya penyebaran (sub) varian (omicron) BA.4 dan BA.5. Beberapa daerah terpaksa harus dinaikkan menjadi Level 2, yaitu Provinsi Dki Jakarta, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Dan Kabupaten Sorong,” terang Safrizal yang juga Wakil Ketua III Satgas Penanganan Covid-19 Nasional dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 5 Juli 2022. 

Melalui penilaian dengan menggunakan indikator transmisi komunitas terhadap daerah dalam pelaksanaan Ppkm, saat ini terdapat 144 daerah di wilayah Jawa-Bali yang masuk dalam kategori Ppkm Level I. 

Jumlah ini menurun dibanding pelaksanaan Ppkm sebelumnya yang menempatkan 128 daerah berada di Level I. Sedangkan jumlah daerah dengan status Level 2 meningkat menjadi 14 daerah, dari yang sebelumnya tidak ada satu pun daerah yang berada di level tersebut.

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Mendagri Tito Karnavian Ditunjuk Jokowi Sebagai Menteri PANRB Ad Interim

BACA JUGA:Lima Tempat Wisata di Bandung Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

BACA JUGA:Indonesia Tetapkan Status Keadaan Tertentu Darurat PMK, Kasus Meluas ke 22 Provinsi

Sementara dalam pelaksanaan Ppkm di luar Jawa-Bali, kondisinya masih sama, yaitu 385 daerah berstatus Ppkm Level 1 dan hanya 1 daerah yang masuk dalam kategori Level 2. Hanya saja, daerah yang berada di Level 2 berubah, dari sebelumnya Kabupaten Teluk Bintuni beralih menjadi Kabupaten Sorong. 

Safrizal mengimbau masyarakat agar tidak panik dengan adanya kenaikan kasus Covid-19. Pasalnya, kata dia, kasus omicron sub-varian BA.4 dan BA.5 memiliki masa puncak kasus yang lebih rendah dibanding varian sebelumnya. 

“Studi Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa puncak kasus Covid-19 Varian BA.4 dan BA.5 sekitar 30 persen-50 persen lebih rendah dari kasus varian omicron, yang disertai dengan gejala ringan. Sehingga masyarakat tidak perlu panik, namun tanpa mengurangi kewaspadaan dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat, khususnya memakai masker di ruangan yang tertutup (indoor),” tegas Safrizal. 

Safrizal juga kembali menekankan bahwa pemerintah dengan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat tetap optimistis dapat mengendalikan laju perkembangan Covid-19. Ini dilakukan dengan tidak meninggalkan faktor pentingnya upaya pemulihan ekonomi nasional.

BACA JUGA:Penting! Beberapa Doa Harian Yang Wajib Kalian Tau (Part 2)

BACA JUGA:Tiga Pengendara Jatuh ke Jurang Akibat Tanah Longsor di Mamuju, Satu Luka Berat Dua Lainnya...

BACA JUGA:Banjir Dua Meter Kepung Lima Kecamatan di Bengkulu

Paralel dengan hal tersebut, tambah Safrizal, pemerintah daerah bersama dengan seluruh komponen masyarakat dan TNI/Polri harus tetap melakukan akselerasi vaksinasi dosis ketiga. Saat ini capaian nasional vaksinasi dosis ketiga masih di bawah 30 persen, dengan capaian daerah tertinggi yaitu Provinsi Dki Jakarta dan Bali yang cakupan vaksin boosternya sudah lebih dari 50 persen. 

“Upaya untuk mengejar dan memperluas cakupan vaksinasi dosis ketiga ini tentunya membutuhkan kolaborasi intensif di lapangan baik dalam ruang lingkup Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), termasuk penguatan kembali kerja sama pentahelix dengan melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat maupun media,” pungkas Safrizal.

Di lain sisi, Safrizal juga menuturkan sejumlah ketentuan baru yang diatur dalam Inmendagri tersebut. Ini salah satunya ketentuan dalam Inmendagri Nomor 34 Tahun 2022 yang menambahkan Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru Provinsi Riau sebagai pintu masuk pelaku perjalanan luar negeri. 

Langkah ini sebagai upaya untuk mendorong kelancaran lalu lintas orang serta barang dan jasa, sebagai salah satu daya ungkit pertumbuhan ekonomi.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Belasan Orang di Kota Tangerang Suspect Chikungunya, Puskesmas dan Warga Lakukan PSN

Minggu / 24-07-2022,16:00 WIB

Berdasarkan penyelidikan yang dilakukan oleh petugas di lapangan, ditemukan kasus yang mengarah pada gejala klinis chikungunya seperti badan kaku linu, demam, pusing, mual, dan timbul bercak dan bintik merah di tangan kaki.

Belasan Orang di Kota Tangerang Suspect Chikungunya, Puskesmas dan Warga Lakukan PSN

Kota Tangerang Gelar Kastrasi Kucing Jantan Gratis, Ini Syaratnya!

Jumat / 22-07-2022,14:04 WIB

Jika sudah dikastrasi, kucing tersebut tidak akan memiliki gairah dan kemampuan untuk berkembang biak, dan tidak berkeliaran secara bebas mencari betina.

Kota Tangerang Gelar Kastrasi Kucing Jantan Gratis, Ini Syaratnya!

Mahasiswa dan Pelajar di Kota Tangerang Dilatih Karya Tulis Sejarah

Kamis / 14-07-2022,20:46 WIB

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menyampaikan Kota Tangerang memiliki nilai - nilai budaya serta sejarah yang cukup kental sebagai salah satu kota metropolitan dengan masyarakat yang heterogen.

Mahasiswa dan Pelajar di Kota Tangerang Dilatih Karya Tulis Sejarah

Wisata Perahu Kano Kota Tangerang Dibuka Sabtu Besok, Gratis Lho...

Kamis / 14-07-2022,20:26 WIB

Disbudpar Kota Tangerang menyediakan pelampung bagi para wisatawan yang akan menikmati wisata tersebut. Mereka juga akan diberi pendamping untuk mengoperasikan perahunya.

Wisata Perahu Kano Kota Tangerang Dibuka Sabtu Besok, Gratis Lho...

Tak Melulu Negeri, Ini Berbagai Keunggulan Sekolah Swasta di Kota Tangerang

Rabu / 13-07-2022,12:50 WIB

Pemerataan pendidikan sudah dilakukan Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pendidikan, sehingga seluruh anak di Kota Tangerang memiliki kesempatan dan hak yang sama, untuk bersekolah. Beberapa bantuan juga diberikan oleh Pemkot Tangerang untuk membantu siswa tidak mampu, untuk bersekolah di sekolah swasta.

Tak Melulu Negeri, Ini Berbagai Keunggulan Sekolah Swasta di Kota Tangerang

Gerai Kunciran Indah Dukung UMKM Menjadi Naik Kelas

Rabu / 13-07-2022,12:42 WIB

Ketua UMKM Pinang Beres, Oktavia D Pratiwi mengatakan gerai tersebut merupakan gerai ke lima yang ada di Kecamatan Pinang. Sebelumnya telah ada Gerai UMKM Kecamatan, Kantin UMKM, Rest Area, Gerai Banjar Wijaya.

Gerai Kunciran Indah Dukung UMKM Menjadi Naik Kelas

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_write_close(): Failed to write session data (user). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/tmp)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: