ads header
leftbanner1

Lima Cara Mengatasi Nyeri Haid yang Perlu Kalian Ketahui

Lima Cara Mengatasi Nyeri Haid yang Perlu Kalian Ketahui

Cara Mengatasi Nyeri Haid-@benzoix-Freepik

JAKARTA, WERADIO.CO.ID - Menstruasi merupakan siklus bulanan yang dialami setiap wanita sebagai proses mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. Biasanya Hal ini dapat memicu rasa Nyeri atau kram Perut.

Nyeri Menstruasi pada hari pertama adalah hal yang normal, Hal ini terjadi karena dipengaruhi oleh heavy flow. Heavy flow merupakan kondisi ketika wanita mengalami perdarahan lebih banyak dari biasanya. Masa yang menjadi penyebab Nyeri Menstruasi hari pertama ini umumnya berlangsung selama 2-3 hari saja.

banner body artikel 1

Efek kram Perut yang dialami setiap wanita saat Menstruasi berbeda-beda. Ada yang merasa biasa-biasa saja dan ada juga yang merasakan Sakit Perut sehingga dapat mengganggu kegiatan sehari-hari.

Selama periode Menstruasi, rahim berkontraksi untuk membantu mengeluarkan lapisan yang menumpuk. Hormon prostaglandin yang terlibat dalam rasa Sakit dan peradangan memicu kontraksi otot rahim.

banner body artikel 2

Ketika dinding rahim berkontraksi, rahim juga akan menekan pembuluh darah yang melapisi rahim, sehingga bisa memutus aliran darah yang sedang mengantarkan oksigen ke rahim.

BACA JUGA:Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Mata Panda dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Rasa Pedas pada Lidah dengan Cepat

banner body artikel 3

BACA JUGA:Menjaga Kulit Tetap Sehat, Berikut Urutan Pemakaian Body Care Rutin yang Benar

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi Sakit Perut saat Menstruasi yang perlu kalian ketahui:

1. Kompres dengan air hangat

Mengompres Perut dengan air hangat akan membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi rasa Nyeri saat Menstruasi. Hal ini karena, Jika menggunakan kompres air hangat akan membuat otot tubuh jadi rileks dan efeknya akan membuat Nyeri berkurang.

2. Berolahraga ringan

Nyeri dan kram di sekitar Perut adalah satu gejala yang paling sering terjadi saat Menstruasi. Namun bukan berarti kamu harus berhenti beraktivitas saat mengalami Menstruasi. Hal ini karena, Semakin aktif tubuh bergerak, akan semakin baik. Keteraturan ini akan membantu Anda melewati masa Menstruasi dengan baik, termasuk mengurangi kram Perut.

banner body artikel 6

3. Banyak meminum air putih

BACA JUGA:Bruntusan di Wajah Menganggu? Ini 5 Bahan Alami yang Dapat Menghilangkan Bruntusan

BACA JUGA:Lima Cara Ampuh dan Efektif Atasi Sakit Gigi

BACA JUGA:Ternyata, Ini 7 Alasan Anak Tidak Betah di Rumah

Dehidrasi saat Menstruasi juga merupakan kondisi yang wajib dihindari. Ini karena dehidrasi diduga bisa sebabkan karena Nyeri Menstruasi yang semakin parah. Sebab pendarahan membuat tubuh kehilangan cairan sehingga membuat tubuh tidak nyaman.

4. Mengkonsumsi makanan tertentu

Ketika mengalami kram saat Menstruasi, kamu bisa mengonsumsi makanan yang rendah lemak dan kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh. Disarankan untuk menghindari makanan berlemak, goreng-gorengan, Makanan dengan kandungan garam yang tinggi, Atau makanan cepat saji.

5. Mengurangi stres

Kondisi ini juga bisa menyebabkan gangguan pada siklus Menstruasi, yaitu memicu Menstruasi lebih cepat. Kondisi tersebut terjadi karena ketidakseimbangan hormon yang muncul akibat stres.

 

leftbanner2

leftbanner3

BERITA TERKAIT

Wajib Tahu! Cara Menghilangkan Panu Hanya dengan Menggunakan Bahan Alami

Jumat / 22-07-2022,13:49 WIB

Meski panu tidak berbahaya, Namun tentunya panu sangat menganggu penampilan. Tetapi kalian tidak perlu khwatir karena menghilangkan panu dikulit juga bisa diatasi dengan mengggunakan bahan alami.

Wajib Tahu! Cara Menghilangkan Panu Hanya dengan Menggunakan Bahan Alami

Tips Ampuh Mengecilkan Perut Buncit Dengan Sehat

Kamis / 21-07-2022,19:53 WIB

Perut buncit memang sering dianggap dapat mengganggu penampilan, sehingga banyak orang yang masih bingung bagaimana cara untuk mendapatkan perut yang rata. Namun, tahukah kalian bahwa ternyata mendapatkan perut yang rata bisa kalian terapkan sendiri dengan kebiasaan sehari-hari kalian.

Tips Ampuh Mengecilkan Perut Buncit Dengan Sehat

Lagi Bad Mood? Begini Cara Mengatasi Bad Mood Agar Cepat Reda

Rabu / 20-07-2022,19:00 WIB

Bad mood memanglah sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, lantaran pikiran dan hati yang tidak tenang. Namun, kalian tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara mengatasi bad mood yang sedang kalian alami.

Lagi Bad Mood? Begini Cara Mengatasi Bad Mood Agar Cepat Reda

Begini Cara Menghadapi dan Mendidik Anak Remaja Menuju Dewasa

Sabtu / 16-07-2022,14:00 WIB

Bingung ya kalau anak remaja sering melawan apa yang dibilang orang tua. Begini cara menghadapinya

Begini Cara Menghadapi dan Mendidik Anak Remaja Menuju Dewasa

Tahi Lalat Mengganggu ? Berikut Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Bahan Alami

Sabtu / 16-07-2022,13:01 WIB

Sebagian orang mungkin merasa tidak percaya diri dengan kehadiran tahi lalat pada tubuh mereka karena bentuknya yang kadang mengganggu penampilan. Berikut cara menghilangkan tahi lalat menggunakan bahan alami yang aman untuk dicoba.

Tahi Lalat Mengganggu ? Berikut Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Bahan Alami

Kenali Tanda-Tanda Overthinking Beserta Cara Mengatasinya

Rabu / 13-07-2022,12:44 WIB

Overthinking juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Agar tidak berlarut-larut, ada beberapa cara mengatasi overthinking yang bisa kamu coba lakukan.

Kenali Tanda-Tanda Overthinking Beserta Cara Mengatasinya
leftbanner4
footerbanner