Nadiem Makarim Aman, Presiden Jokowi Segera Lantik Pejabat Baru di Reshuffle Kabinet Jilid 2, ini Nama-Namanya!


Presiden Jokowi Umumkan akan Lantik Pejabat Baru di Kementerian Hari ini-Instagram @Jokowi-Instagram @Jokowi

TRENDINGNEWS - Akhirnya terjawab sudah, teka-teki terkait reshuffle kabinet yang akan dilakukan Presiden Jokowi.

Sebelumnya, isu reshuffle kabinet jilid 2 ini sempat berembus kuat lantaran adanya wacana peleburan 2 kementerian, yakni Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Bahkan disebut-sebut pula, bahwa atas peleburan tersebut nama Nadiem Makarim yang sedang menjabat sebagai Kemendikbud akan dicopot alias diganti.

Terlebih setelah beberapa waktu lalu sempat heboh, kabar hilangnya nama pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy'ari dari kamus sejarah yang sampai hari ini masih hangat dibahas publik.

(BACA JUGA:Guntur Romli: Penangkapan Munarman Sudah Benar, Jangan Biarkan Dia Bikin Hoax dan Provokasi)

Namun sepertinya isu tersebut terpatahkan, setelah keluar keputusan bahwa hari ini, Rabu 28 April 2021, Presiden Joko Widodo akan melantik pejabat baru atas perubahan Kementerian tersebut.

Presiden Jokowi akan segera melantik sejumlah pejabat sehubungan adanya perombakan di jajaran kabinet kerjanya.

Pelantikan pejabat tersebut, direncananya dilakukan di Istana Negara, pada hari ini, Rabu sore, 28 April 2021.

Salah satu tokoh yang akan dilantik adalah Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi. Sebelumnya, Bahlil menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

(BACA JUGA:Gegara Sebut Penangkapan Munarman Hanya Mengada-Ada, Fadli Zon Disindir Pedas Ferdinand Hutahaean dengan Sebutan Meriam Bambu?)

Lalu ada juga Bambang Brodjonegoro yang sebelumnya menjabat sebagai Menristek/Kepala BRIN kini harus tersingkir dari kabinet. Jabatannya akan dialihkan dan dipegang oleh Laksana Tri Handoko.
 
Intinya, ada dua menteri dan satu kepala badan yang bakal dilantik hari ini.

Cuma ya itu, ternyata Nadiem Makarim yang sempat digosipkan akan terlempar dari kabinet, justru masih dipercaya untuk menakhodai posisi yang sekarang ini dipegangnya. Detailnya adalah sebagai berikut:
 
1. Nadiem Makarim dilantik menjabat sebagai Mendikbud-Ristek
2. Bahlil Lahadalia dilantik menjabat sebagai Menteri Investasi
3. Laksana Tri Handoko dilantik menjabat sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

(BACA JUGA:Ditangkap Densus 88, Fadli Zon Tidak Percaya Munarman Terlibat Kasus Terorisme)

Tak hanya menteri dan kepala lembaga, kepala negara juga direncanakan akan melantik anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK pengganti Artidjo Alkostar, yang telah wafat beberapa waktu lalu.

Lalu siapa penggantinya? Nama Indriyanto Seno Adji dikabarkan bakal mengisi posisi tersebut.

Seperti diketahui, dalam Rapat Paripurna DPR pada 9 April 2021 lalu, menyetujui pembentukan kementerian baru tersebut, yaitu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, lalu Kementerian Investasi.

Pembentukan dua kementerian itu sesuai dengan hasil keputusan Badan Musyawarah (Bamus) yang membahas Surat Presiden Jokowi Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian pada 8 April 2021.

(BACA JUGA:Ferdinand Hutahaean Komentari UAS Soal Patungan Beli Kapal Selam Baru: Niatnya Besih Bukan Mengejek?)

Persetujuan DPR tersebut sesuai dengan ketentuan pada UU Nomor 39 Tahun 2019 tentang Kementerian Negara yang mengatur bahwa pengubahan sebagai akibat pemisahan atau penggabungan kementerian dilakukan dengan pertimbangan DPR.

jakshdkjashdkjashdkjasd
Tag Terkait:
Sumber: