ads header
leftbanner1
banner body artikel 1
banner body artikel 2
banner body artikel 3
banner body artikel 6
leftbanner2
leftbanner3
leftbanner4
footerbanner

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/tmp/ci_sessionur0fmgfl8ot6clh11nsh02c5j54jufg6): failed to open stream: Disk quota exceeded

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 174

Backtrace:

File: /home/tecw2658/public_html/weradio.co.id/application/controllers/Frontend.php
Line: 5
Function: __construct

File: /home/tecw2658/public_html/weradio.co.id/index.php
Line: 316
Function: require_once

Hujan Lebat Melanda Kabupaten Garut, 20 Desa Terendam Banjir

Hujan Lebat Melanda Kabupaten Garut, 20 Desa Terendam Banjir

Banjir yang dipicu hujan dengan intensitas tinggi tersebut menyebabkan 886 rumah terendam banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) bervariasi, mulai 30 cm hingga 2 meter.--

JAKARTA, WERADIO.CO.ID - Banjir merendam 20 Desa yang tersebar di delapan kecamatan di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat pada Jumat (15/7). 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut melaporkan, Banjir dipicu oleh hujan lebat yang terjadi sejak Jumat (15/7) malam pukul 20.00 WIB.

Adapun 20 Desa yang terdampak adalah Desa Cibodas di Kecamatan Cikajang, Desa Peminggir, Desa Kota Kulon, Desa Ciwalen, Desa Muara Sanding, dan Desa Sukamantri di Kecamatan Garut Kota. 

Sementara di Kecamatan Tarogong Kidul terdapat 5 desa yang Terendam yaitu Desa Sukakarya, Desa Haurpanggung, Desa Sukajaya, Desa Jayawaras, dan Desa Jayaraga. 

Kemudian Desa Panembong dan Desa Mulyasari di Kecamatan Bayongbong, DesaSuci, Desa Suci Kaler, Desa Lengkong Jaya, dan Desa Sindanglaya di Kecamatan Karangpawitan, Desa Sukarati di Kecamatan Banyuresmi, Desa Ngamplang di Kecamatan Cilawu, dan Desa Mekarsari di Kecamatan Cibatu.

BACA JUGA:Sah, Jokowi Tunjuk Mahfud MD Menjadi Plt. Menteri PANRB sampai Adanya Definitif

BACA JUGA:Orang Papua Tidak Boleh Miskin di Tanah Sendiri, karena Potensi Sumber Daya yang Besar

BACA JUGA:Wisata Perahu Kano Kota Tangerang Dibuka Sabtu Besok, Gratis Lho...

Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, Sabtu (16/7/2022), sebanyak 142 KK atau 451 jiwa terdampak Banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) berkisar antara 10 hingga 70 sentimeter. Sedikitnya 109 KK mengungsi di RSUD dr. Slamet dan sisanya memilih mengungsi di rumah kerabat. 

Sedikitnya sembilan unit rumah rusak berat, 295 rumah Terendam, dan 4 unit fasilitas umum terdampak. Selain itu, Pondok Pesantren Riadul Atfal yang berada di Desa Mekarsari juga Terendam.

Pasca kejadian BPBD Kabupaten Garut bersama instansi terkait lainnya langsung mengevakuasi warga ke daratan yang lebih tinggi dan dinilai aman. 

Hingga siaran pers ini diterbitkan, pendataan terhadap jumlah warga terdampak, pengungsi, dan kerugian masih dilakukan oleh tim gabungan.

Prakiraan cuaca di wilayah Provinsi Jawa Barat diprediksi berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat serta angin kencang hingga tiga hari ke depan.

Beberapa wilayah di Provinsi Jawa Barat juga dilaporkan terjadi hujan lebat hingga menyebabkan Banjir seperti di Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan Kota Bekasi.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengeluarkan peringatan  dini menghadapi potensi ancaman bencana Banjir dan longsor.

BACA JUGA:Tahi Lalat Mengganggu ? Berikut Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Bahan Alami

BACA JUGA:Dibalik Kelezatannya, Ini Bahaya Mie Instan yang Perlu Kalian Ketahui

BPBD setempat diimbau untuk meningkatkan koordinasi dengan dinas terkait, melakukan monitoring secara berkala, serta meningkatkan kegiatan sosialisasi dan edukasi peringatan dini bencana.

Selain itu, pemerintah daerah bersama warga juga diharapkan secara rutin dapat membersihkan saluran air, normalisasi sungai, serta melakukan perbaikan dan penguatan tanggul.

Masyarakat yang tinggal di sekitar lereng tebing dan bantaran sungai agar lebih meningkatkan kewaspadaan. Apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi lebih dari satu jam, maka diimbau agar evakuasi sementara secara mandiri ke lokasi yang lebih aman.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Belasan Ribu Jiwa Terdampak Banjir dan Longsor, Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat

Senin / 18-07-2022,13:59 WIB

Keputusan ini diambil setelah lebih dari 100 desa di 14 kecamatan di wilayah Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat terendam banjir pada Jumat, (15/7). Status tanggap darurat tersebut terhitung 14 hari sejak 16 Juli hingga 29 Juli 2022 mendatang.

Belasan Ribu Jiwa Terdampak Banjir dan Longsor, Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat

Bogor Dilanda Banjir, Jakarta dan Tangerang Siap-siap Ya

Sabtu / 16-07-2022,15:00 WIB

Kaji cepat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor yang dilaporkan kepada Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana, ada sebanyak 3.891 jiwa dari 941 KK yang terdampak.

Bogor Dilanda Banjir, Jakarta dan Tangerang Siap-siap Ya

Hujan Lebat Melanda Kabupaten Garut, 20 Desa Terendam Banjir

Sabtu / 16-07-2022,14:35 WIB

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut melaporkan, banjir dipicu oleh hujan lebat yang terjadi sejak Jumat (15/7) malam pukul 20.00 WIB.

Hujan Lebat Melanda Kabupaten Garut, 20 Desa Terendam Banjir

Banjir Depok Mencapai Dua Meter, Sebanyak 57 KK Berhasil Dievakuasi

Sabtu / 16-07-2022,13:25 WIB

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan, kejadian ini melanda Kelurahan Sawangan Baru di Kecamatan Sawangan dan Kelurahan Ratu Jaya di Kecamatan Pancoran Mas.

Banjir Depok Mencapai Dua Meter, Sebanyak 57 KK Berhasil Dievakuasi

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_write_close(): Failed to write session data (user). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/tmp)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: